SEJARAH SINGKAT DESA KARANGPAWITAN

Pada bulan Februari  Tahun 1979 berdiri sebuah desa, desa yang berada di sebelah timur Desa Kawali, sebagai hasil pemekaran dari desa Kawali yang pada waktu itu dipilih  beberapa nama untuk nama desa tersebut.

Yang terpilih adalah nama Desa Karangpawitan, yang terdiri dari 4 ( empat ) dusun pada saat itu. Diantaranya  :

  1. Dusun Kiaralawang
  2. Dusun Pari
  3. Dusun Nanggela
  4. Dusun Lintungpaku

Dan kantor desa berlokasi di Dusun Kiaralawang bertepatan di dekat mesjid jami yang sekarang jadi mesjidAl- huda dan pada saat itu kantor desa bertempat di Madrasah Al-Huda Kiaralawang

Pada tahun 1981 untuk pertamakalinya dilaksanakan pemilihan Kepala Desa sebab pada sat pemekaran sampai ada kepala desa yang definitive di jabat oleh pejabat kepala desa yaitu saudara Suhendi sebagai sekdes di desa Kawali kemudian yang menjadi kepala desa sebagai hasil pemilihan yaitu Uci Sanusi dari Dusun Pari. Masa pemerintahan Desa yang pertama tidak lama hanya bertahan selama 18 bulan karena sesuatu masalah, kemudian di jabat kembali oleh Pak Kosim dari tingkat Kecamatan.

Kemudian pada tahun 1985 untuk yang kedua kalinya mengadakan pemilihan Kepala Desa dan yang terpilih saudara Alan dari dusun Pari pada saat itu lembaga pemerintahannya masih LKMD dan LMD .

Pada tahun 1995 mengadakan kembali pemilihan Kepala Desa , yang terpilih pada saat itu adalah Saudara Idja Rahayu yang berpropesi sebagai polisi dan menjabat BABINMAS Desa Karangpawitan beliau berasal dari Dusun Lintungpaku .

Pada tahun 2002- 2003 Karangpawitan kembali mengadakan pemilihan kepala Desa periode 2003- 2007  yang di menangkan oleh saudara Alan untuk yang kedua kalinya.

Kemudian pada tahun 2005 tepatnya 12 Desember Desa karangpawitan di mekarkan dengan Desa Linggapura sebagai Desa hasil pemekaran dan terdiri dari dua dusun yaitu :

  1. Desa Induk ( Karangpawitan) 2 Dusun yaitu :
  2. Dusun Kiaralawang
  3. Dusun Lintungpaku
  4. Desa Pemekaran ( Linggapura ) 2 dusun yaitu :
  5. Dusun Pari
  6. Dusun Nanggela

Dan pada tahun 2008 tepatnya tanggal 2 Januari 2008 kembali desa Karangpawitan mengadakan pemilihan Kepala Desa, yang terpilih menjadi kepala desa  yaitu Saudari Hj.  Een Kartina sampai dengan 24 Februari 2014. Kemudian di Jabat Oleh SDr Elon dari Kecamatan Kawali sampai dengan 19 Mei 2016. Pada tanggal 17 April 2016 terjadi pemilihan kepala desa secara serempak di kabupaten ciamis, yang terpilih adalah Sdr Rosadi dari dusun Lintungpaku yang berpropesi sebagai seniman dan salah satu anggota LPM. Setelah terpilih dilantik pada tanggal 19 Mei 2016, maka resmilah desa Karangpawitan mempunyai Kepala Desa depinitip sampai sekarang dan perlu di ketahui pada kantor desa terdiri dari :

  1. Kepala Desa
  2. Sekretaris Desa
  3. Kaur Umum
  4. Kaur Keuangan
  5. Kasie Pemerintahan
  6. Kasie Kesra
  7. Kasie Pembangunan
  8. Kepala Dusun
  9. RW dan RT

Lembaga  :

  1. BPD
  2. LPM
  3. MUI
  4. Karang Taruna Bintang timur